REVIEW KAMPAS REM ELIG – TOYOTA AVANZA VELOZ 2012

testi-1

Penasaran sama kampas yang katanya pakai bahan terobosan terbaru, “Ceramic organic”, setelah browsing sana sini, jatuhlah pilihan + penasaran sama kampas elig, langsung ambil smartphone dan cek BL pesan 1 set kampas rem depan buat avanza veloz yang setia menemani rutinitas harian ane.

Kampas lamanya sih sebenernya masih tebal (bukan ori ane pake merek aftermarket laen), cm ngeri klo ujan nyelonyor, mobil transmisi otomatis, jadi mutlak ngandelin rem. Read More

Kampas Rem Berkualitas Merek ELIG Untuk Toyota Avanza & Daihatsu Xenia

kampas rem avanza elig

Kampas rem terbaik untuk Avanza dan Xenia – Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya produk kampas rem Elig untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia telah beredar kembali dipasaran.

Dulu produk Elig dikalangan roda empat sempat menjadi primadona, karena produk Elig memiliki kualitas dan performa diatas OEM/Ori, hanya saja brand besar Elig pada awal masuk ke Indonesia hanya diwakili oleh importir umum, tak heran produk kampas rem Elig untuk mobil pun sempat menghilang di pasaran walaupun masih banyak pengguna yang antusias dengan kehadiran produk kampas rem elig dipasar otomotif mancanegara beberapa waktu silam. Read More

Benelli Zafferano 250

Motor Scooter Matic yang menjadi Lawan Tangguh Suzuki Burgman 200 dan SYM GTS 250i

Benelli Zafferano 250

Motor matic atau Scooter matic merupakan jenis kendaraan bermotor yang sangat populer di Indonesia sejak beberapa tahun silam. Bahkan saat ini motor matic sedang merajai pasar otomotif di tanah air dengan peningkatan penjualan yang cukup signifikan. Hal ini menjadikan setiap perusahaan otomotif besar seperti Honda dan Yamaha terus berlomba untuk mengeluarkan produk motor matic terbaiknya untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia. Read More

Kampas Rem Sym Joymax 250 Merk Elig

kampas rem sym joymax 250

Motor scutic luar biasa ini memang dilengkapi dengan segudang fitur motor mewah. Mengingat harganya yang cukup mahal, wajar jika komunitasnya pun tidak sebanyak motor sekelasnya, dan salah satu yang mungkin menjadi kendala adalah pengadaan suku cadangnya, terutama kampas rem. Tapi jangan khawatir, kini ada kampas rem merk Elig type SPORT khusus untuk Sym Jaymax 250. Dengan harga terjangkau, kampas rem ELIG ini memiliki kualitas di atas ori, awet 2-3x lipat, tidak makan cakram dan pakem di segala kondisi cuaca.

kampas rem depan sym joymax 250
kampas rem belakang sym joymax 250

Harga Kampas Rem Sym Joymax 250:

  1. Harga kampas depan: 390rb
  2. Harga kampas belakang: 290rb
  3. Harga 1 set: 680rb

Informasi tentang produk dan pemesanan:

  1. Info: 0815 11111 391 (hanya WA/SMS)
  2. Untuk pembelian 1 set (depan/belakang) bisa via link berikut:

Sekilas tentang kampas rem ELIG.

Kampas rem merk Elig, Made in Taiwan, pabrik besar di Taiwan dan Vietnam, sejak 1998 sudah menjadi supplier OEM ke Amrik, Jepang dan Eropa. Kini masuk Indonesia, hampir 2 tahun dengan respon yang sangat baik dari para rider di tanah air.

Kampas rem Elig ini berbahan keramik organik, terdiri dari 3 tingkatan untuk mengakomodasi berbagai macam kebutuhan dari pengendara dan spesifikasi kendaraan yang berbeda, yaitu:

  1. Standard (Ready untuk hampir semua motor)
  2. Sport (Untuk motor-motor tertentu, spt motor sport atau matic bongsor)
  3. Racing (Belum masuk ke Indo)

Fasilitas produksi Elig di Taiwan & Vietnam dilengkapi dengan standar sertifikasi ISO 9001 & TS 16949 untuk menciptakan produk berkualitas dengan standar yang diakui dunia. Produk Elig telah berhasil menembus pasar dunia termasuk Amerika Serikat, Jepang dan Eropa dan telah memenuhi standar keamanan produk seperti E/e Mark, JASO, SSP, GB, UIC, R90 & AAR.

Sepengetahuan kami, ada kampas rem ori yang tetap makan disk-nya, nah elig ini kebalikannya, walaupun sudah ada baret pada cakram (asal jangan terlalu parah saja), dapat diperbaiki seiring waktu pemakaian, karena material ceramic khusus nya dapat masuk ke dalam pori cakram secara bertahap seiring dengan proses waktu penggunaan. Bisa dilihat pada gambar gan di bawah:

 Kampas Rem Sym Joymax 250

Kelebihan dari produk Elig:

  1. Memiliki daya ketahanan yang sangat tinggi – High Durability·
  2. Titik pengereman jauh lebih dekat, tidak berisik & anti selip disegala cuaca·
  3. Memperpanjang & merawat komponen piringan cakram / Disc·
  4. Material berkualitas, minim debu & ramah lingkungan (ecofriendly formula) ·
  5. Dimensi standar yang akurat sesuai dengan standar pabrikan .
  6. Kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan produk OEM secara umumnya·
  7. Material ceramic 100 % – Non Asbestos & mengacu kepada standar EU ROHS·
  8. Diproduksi berdasarkan standar dari sertifikasi ISO 9001 & TS 16949·
  9. Memiliki standar kualitas yang diakui dunia, seperti: USA, JAPAN & EUROPE
  10. Memenuhi standar keamanan produk seperti E/e Mark: JASO, SSP, GB, UIC, R90 & AAR.
  11. Kampas rem cakram (Disc Brake): Baret halus pada cakram / disc dapat diperbaiki, karena material ceramic khusus nya dapat masuk ke dalam pori cakram secara bertahap seiring dengan proses waktu penggunaan.

PIRINGAN CAKRAM LEBAR VS DIAMETER STANDAR DENGAN MATERIAL BERKUALITAS, MANA YANG LEBIH BAIK???

Umumnya cakram dengan diameter lebih lebar dipasang di roda depan. Cakram standar bawaan pabrik kadang diganti dengan ukuran piringan yang berdiameter lebih lebar. Hati-hati bro… tongkrongan motor memang jadi lebih berisi dan enak dipandang, apalagi bila dipasang di motor sport, makin cakep plus gaya. Namun, ada beberapa hal yang mesti sobat perhatikan.

Hal yang pertama, cakram dengan diameter lebih lebar memiliki luas bidang gesek yang lebih luas saat dijepit oleh kampas rem dan tentunya reaksi saat tuas rem ditekan akan menigkatkan respon. Setelah instalasi dan penyesuaian, kemampuan rem bisa jadi lebih baik atau bisa juga sebaliknya. Loh, kenapa kemampuan rem bisa turun? Kualitas bahan piringan yang menentukan.

piringan cakram elig

Cakram yang berkualitas memang harganya lebih mahal, karena memakai material berkualitas. Bila cukup yang harga murah meriah seperti kebanyakan yang beredar di pasaran, ukuran ketebalan kadang tidak rata, kualitas materialnya tidak cocok dengan bahan kampas sehingga tidak semakin pakem tapi malah licin.

Kedua yang harus diperhatikan juga, braket pemegang kaliper harus tepat pada piringannya. Kebanyakan seringkali dimodifikasi dengan mengaplikasi braket bikinan dengan tingkat kepresisian 90%. Bila tidak pas cakram bisa tergesek dan menimbulkan panas berlebihan yang mengakibatkan cakram melengkung.

Lalu yang ketiga, posisi selang pastikan tidak terjepit atau terlipat. Apalagi saat sokbreker depan naik turun, hati-hati dengan posisi kaliper yang naik ke atas. Selang yang menekuk atau tertekan bisa mengakibatkan kebocoran, sehingga rem bisa beroperasi sendiri di luar kontrol / bisa juga blong. Selalu cek dan Bila perlu, ganti juga selang dengan kualitas yang lebih baik.

Pilihan kualitas cakram yang akan gunakan, berbalik kepada ridernya itu sendiri sesuai dengan kebutuhannya, jika sobat ingin betul betul merasakan peningkatan performa pengereman, maka sobat harus lebih jeli dalam memilih produk. dengan tidak mengutamakan merek / harga / model supaya sobat bisa betul-betul merasakan manfaatnya dari segi keselamatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah disini saya coba sedikit mengulas kelebihan Piringan cakram merek Elig – Brake Experts yang dijual 1 paket lengkap dengan kampas rem tipe sinter nya. Design nya cukup menarik, tetapi bukan itu pointnya, yang terpenting adalah kualitas material baja SUS 320 nya yang dapat mencegah efek pemuian berlebihan pada saat temperatur kerja ekstrim (tinggi), jadi performa pengereman tidak hanya baik sesaat (hanya pada saat temperatur rendah) tetapi daya tahannya berkali kali lipat dibanding dengan material cakram variasi.

Pada bagian dalam piringan cakram Elig, materialnya terbuat dari bahan alumunium sehingga memiliki daya lebih cepat untuk melepas panas yang ditimbulkan akibat dari gesekan kampas rem dengan permukaan cakram bagian luar.

Selain itu piringan cakram Elig sudah mengusung teknologi floating, kebanyakan piringan variasi yang beredar hanya memiliki design floating, namun ternyata tidak mengusung teknologi floating. Apa sich keuntungan cakram floating?? Disc Elig dengan teknologi Floating membuat roda tidak langsung berhenti seketika, sehingga efek pengereman dapat diredam dengan maksimal.

Untuk memberikan efek pengereman maksimal, perannya tidak hanya terbatas pada piringan cakram dengan material berkualitas saja, namun kampas rem pun harus memiliki tingkat kualitas yang baik.

Piringan cakram Elig yang dijual sudah dilengkapi dengan kampas rem tipe sinter yang pastinya dapat memberikan efek pengereman berkali – kali lipat lebih baik dibandingkan dengan versi standarnya. Selain itu umur pakainya pun menjadi jauh lebih lama, memang harganya lebih mahal, tapi sama saja jika sobat memakai kampas rem biasa dengan harga murah, umurnya pun pasti lebih pendek, keuntungannya silahkan dihitung sendiri:

> 2 sampai 3 X harga kampas rem biasa + 2 – 3 X ongkos jasa, dengan hasil = efek pengereman biasa saja

ATAU

> 1 x ganti kampas rem elig + 1 x ongkos jasa = Efek pengereman jauh lebih baik

Mana yang lebih menguntungkan untuk sobat???

Mari kita sama – sama lebih jeli dalam menentukan produk untuk meningkatkan kinerja sistem pengereman kendaraan kita, karena saat ini sudah terlalu banyak beredar barang variasi dengan kualitas yang buruk, namun terkadang kita dibodohi dengan kemasan dan bentuk serta finishing yang menarik.

Harga lebih mahal tentu tidak masalah dibanding dengan keselamatan sobat dan Safety tentu lebih diutamakan daripada gaya kan…??

Semoga berguna

Piringan Cakram Elig (Disc) yang tersedia saat ini:

  1. M2-YA002FC_EM362 DISC YZF-R25, R3 Piringan cakram YZF R-25 dengan kampas rem tipe Sinter EM362 – DIA 298 mm, T/4.0 mm (Black) Rp2.500.000
  2. M2-YA004FC_EM049 DISC YZF-R15 Piringan cakram YZF R-15 dengan kampas rem tipe Sinter EM049 – DIA 267 mm, T/4.0 mm Rp2.100.000
  3. M2-YA003FC_EM049 DISC V-IXION 150 (FZ 150) Piringan cakram VIXION dengan kampas rem tipe Sinter EM049 – DIA 245 mm, T/4.0 mm Rp1.800.000
  4. M2-YA005FC_EM049 DISC BYSON 150 (FZ 16) Piringan cakram YAMAHA BYSON dengan kampas rem tipe Sinter EM049 – DIA 267 mm, T/4.0 mm Rp1.800.000

Cek jaringan pemasaran Elig Indonesia http://www.eligindonesia.com/network

Kapan Waktunya Ganti Oli Mobil?

Jika anda punya mobil, tentu saja harus disertai juga kewajiban untuk merawatnya. Salah satu perawatan yang tidak boleh diabaikan adalah ganti oli mobil secara teratur. Ini tentu saja sangat perlu diperhatikan, karena menyangkut masalah dapur pacu, yang akan berakibat fatal dan mahal kalau terjadi kerusakan parah.

Kapan waktu yang tepat untuk ganti oli mobil?

Banyak referensi dan juga banyak pendapat. Ada yang mengatakan dalam waktu 3 bulan atau mobil sudah mencapai 5000km sejak terakhir service, dipilih mana yang lebih dulu tercapai. Pengalaman saya sendiri, awalnya karena hampir tiap minggu lewat bengkel langganan, maka 3 bulan sekali ganti oli, cuma belakangan pola kerja berubah, sehingga cukup jarang untuk lewat bengkel, akhirnya pilih 5000km sebagai acuan, kebetulan waktunya memang lebih dari 3 bulan, bahkan lebih dari 6 bulan.

Kapan Waktunya Ganti Oli Mobil

Salah seorang mekanik mengatakan bahwa oli mesin mobil itu didesain sampai 10.000km, tapi amannya tiap 5000km sudah ganti oli. Karena mekanik adalah orang berpengalaman, tentu kita harus dengar sarannya. Jadi, sebaiknya ganti oli mobil itu pada saat 5000km setelah ganti oli terakhir. Tapi, sekarang saya berani dengan aman untuk menaikan di angka 7500km, karena setiap ganti oli saya selalu tambahkan ramuan herbal Norival Oil Enhancer dengan dosis 1 botol perliter oli mobil.

Sebelumnya, saya punya masalah dengan volume oli mesin, yaitu setiap sudah berjalan 3000km setelah service, oli mesin berkurang sampai 1 liter. Dicek di bengkel apakah ada kebocoran, ternyata tidak, dan kata mekanik memang suka ada ‘penguapan’ padahal tentu saja ruang mesin kan tertutup rapat. Sampai saatnya saya menggunakan Norival Oil Enhancer, dengan mencampurkannya ke dalam oli mesin dengan dosis 1 botol isi 12ml untuk 1 liter oli mesin. Contohnya mesin mobil saya kapasitas olinya 7 liter, maka saya tambahkan 7 botol Norival Oil Ehncaner.

Kapan Waktu yang tepat Ganti Oli Mobil

Setelah penggunaan Norival, ternyata masalah teratasi, dicek saat 3000km oli mesin tidak berkurang lagi. Saya menggunakan oli Castrol yang full synthetic, ternyata saya menemukan perbedaan yang cukup terasa, yaitu suara mesin yang lebih halus, getaran berkurang, suhu lebih stabil dan tarikan juga lebih enteng. Akhirnya saya gunakan juga Norival untuk campuran bensin (saya pake Norival Drag Evo), dan kini lengkap sudah, karena performa mesin meningkat drastis dan penghematan pun bisa dirasakan sekitar 20-30%.

Saat ganti oli mobil, coba tambahkan Norival Oil Enhancer pada oli. Ini akan membuat oli mesin lebih berkualitas, sehingga gerakan piston semakin lincah karena efek pelumasan dari Norival ini lebih maksimal. Ingin lebih? Gunakan juga Norival pada campuran bensin, sehingga efek pelumasnya juga mampu membuat piston semakin ringan dari sisi ruang bakar. Jika berminat, silakan WA saya di 0815 11111 391 (Dadan) untuk info lebih lanjut, semoga berguna untuk anda :)

Save

Save

Save

Juara di ITS Geber Honda CBR250, Pembalap Federal Oil Bidik IRS Seri 2

naik1

Memacu Honda CBR250, Joseph Kevin Federal Oil Racing Team juara di kelas 250 Pro Indonesia Trackday Series (ITS) 2016 seri 2 di Sentul (5/5/2016). Foto: Yudistira

Bogor (naikmotor) – Podium tertinggi berhasil ditapaki pembalap Federal Oil Racing Team, Joseph Kevin di kelas 250cc Profesional Indonesia Trackday Series (ITS) 2016 seri dua, Kamis (5/5/2016) di Sirkuit Sentul.

Kemenangan tidak membuat pembalap asal Lampung itu puas, justru dia dan tim mendapat pekerjaan rumah untuk membenahi motor jelang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indospeed Race Series (IRS) 2016 seri kedua, 22 Mei mendatang. Read More